Langkah 2: Menetapkan Atribut untuk Setiap Tabel(6)

Data kumulatif
Gambar DD-8.gbr-table-5-100012-a-dd-8
Gambar DD-8 juga memasukkan beberapa atribut, seperti “jumlah yang dimiliki” dalam tabel persediaan dan “saldo rekening” dalam tabel pelanggan, yang mewakili data kumulatif.

Secara teoritis, tidaklah penting untuk menyimpan atribut-atribut tersebut secara terpisah dalam database, karena sistem tersebut dapat menghitungnya apabila diperlukan. Contohnya, informasi mengenai jumlah yang dijual untuk setiap barang, disimpan dalam tabel penjualan-persediaan. Informasi mengenai jumlah yang dibeli akan disimpan dalam tabel yang hampir sama untuk menghubungkan pembelian dan persediaan.

Dalam rangka menetapkan jumlah yang dimiliki, SIA dapat langsung menghitung perbedaan antara jumlah yang dijual dengan jumlah yang dibeli. Dengan cara yang hampir sama, tabel penerimaan kas dan pembayaran kas berisi informasi mengenai arus masuk dan keluar kas. SIA dapat menghitung perbedaan tersebut untuk menampilkan saldo terakhir dalam akun kas.

Akan tetapi, menyimpan secara eksplisit jumlah total dan saldo dapat meningkatkan waktu respons atas permintaan informasi, yang menjelaskan alasan mengapa Gambar DD-8 memperlihatkan beberapa atribut ringkasan semacam ini untuk tabel-tabel yang sesuai. Akan tetapi, hal ini seharusnya dilakukan hanya bila DBMS memiliki kemampuan untuk secara otomatis memperbarui nilai ringkasan ini ketika suatu kegiatan baru terjadi; jika tidak, nilai ringkasan tersebut biasanya tidak benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>