Langkah 3: Menggunakan Kunci Luar (Foreign Key) untuk Mengimplementasikan Hubungan 1:1 dan 1:N…(3)

Hubungan Satu-ke-Banyak (one-to-many) Sebagaimana dengan hubungan l:l, hubungan 1:N juga dapat diimplementasikan dalam database relasional dengan menggunakan kunci luar.

gbr-table-5-100012-a-dd-8Dalam rangka melakukan hal ini, tempatkan kunci utama dari suatu entitas yang memiiiki kardinalitas maksimum N sebagai kunci luar dalam entitas yang memiliki kardinalitas maksimum 1. Contohmya, dalam Gambar DD-8, kunci utama tabel staf penjualan dan pelanggan dimasukkan sebagai kunci luar dalam tabel penjualan. Dengan cara yang hampir sama, kunci utama dalam tabel kas, pelanggan, dan kasir dimasukkan sebagai kunci luar dalam tabel penerimaan kas.
Gambar DD-7.Gambar-5-0007-aa-dd-7

Apabila kita akan membuat tabel untuk Gambar DD-7, Panel B, atribut “nomor faktur penjualan” akan muncul sebagai kunci luar dalam tabel penerimaan kas. Akan tetapi, apabila kami akan membuat tabel untuk Gambar DD-7, Panel C, atribut “nomor pengiriman uang” akan muncul sebagai kunci luar dalam tabel penjualan.

Kemungkinan pengecualian atas peraturan umum untuk mengimplementasikan hubungan 1:N ini dapat terjadi apabila hubungan tersebut terdiri dari dua entitas kegiatan yang berurutan, dan kegiatan yang biasanya terjadinya pertama kali juga merupakan kegiatan yang dapat terjadi beberapa kali dalam hubungan tersebut. Pada kasus ini, mengimplementasikan hubungan tersebut sebagai tabel terpisah dapat meningkatkan pengendalian internal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>