Pemeriksaan Kelengkapan (Completeness Check)…(4)

Bukanlah hal yang aneh jika Perancang database memodifikasi diagram REA agar dapat menampung fakta tambahan. Bahkan, sering kali berguna untuk membuat tabel bahkan sebelum menyelesaikan diagram REA, dan kemudian memodifikasi diagram agar mencakup entitas tambahan dan hubungan yang ada dalam proses penempatan atribut dalam tabel.
Gambar DD-8.gbr-table-5-100012-a-dd-8

Gambar DD-9.Gambar-5-0008-aa-dd-9

Pada tahap ini, Perancang database telah hampir menyelesaikan desain database siklus pendapatan PERUSAHAAN. Menurutnya, Gambar DD-8, DD-9, dan DD-10 telah memenuhi persyaratan dasar untuk mendesain database relasional yang terstruktur dengan baik. Persyaratan dasar tersebut adalah:

  1. Setiap tabel memiliki kunci utama.
  2. Atribut non-kunci lainnya dalam setiap tabel merupakan fakta mengenai sesuatu yang ditugaskan oleh kunci utama, atau merupakan kunci luar yang digunakan untuk menghubungkan tabel tersebut dengan tabel lainnya.
  3. Setiap atribut dalam setiap tabel bernilai tunggal yaitu: setiap tabel adalah flat-file atau ‘file datar’).

Gambar DD-10.Gambar-5-0009-a-1a-dd-10
Perhatikan bahwa rangkaian tabel pada Gambar DD-8 dan DD-10 merupakan hasil yang alami dari penggunaan model data REA. Oleh sebab itu, rangkaian tersebut tidak hanya memenuhi persyaratan database yang tepat, tetapi juga menunjukkan semantik/ hubungan dasar mengenai bagaimana PERUSAHAAN nelaksanakan aktivitas bisnis siklus pendapatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>