Prinsip Umum Pembuatan Model untuk hubungan Kegiatan-Kegiatan.

sampleERSatu-satunya prinsip umum pembuatan model yang dapat diaplikasikan dalam hubungan kegiatan-kegiatan adalah bahwa untuk dua kegiatan yang bersifat sementara, kardinalitas minimum untuk kegiatan pertama adalah 0, karena pada saat kejadiannya, kegiatan lainnya belum terjadi. Sering kali, tetapi tidak selalu, kardinalitas minimum untuk kegiatan kedua adalah 1, menunjukkan bahwa kegiatan pertama harus terjadi terlebih dahulu.

Contohnya, bagi perusahaan yang menjual baik melalui katalog ataupun melalui Website, pesanan pelanggan (kegiatan 1) mendahului pengiriman ke pelanggan (kegiatan 2). Akan tetapi, kadang kala kedua kegiatan tersebut tidak perlu terjadi. Contohnya, PERUSAHAAN menerima pesanan dari pelanggan korporatnya sebelum mengirim barang dagangan mereka. Akan tetapi, penjualan di dalam toko bagi para pelanggan yang langsung datang ke toko tidak dimulai dengan suatu kegiatan pesanan apa pun.

Konsekuensinya, dalam Gambar DD-6, kardinalitas minimum yang berhubungan dengan kegiatan kedua (penjualan) dalam hubungan pesanan pelanggan-penjualan juga bernilai 0.

Gambar-5-0006-aa-dd-6Gambar DD-6.
Gambar DD-6 memperlihatkan bagaimana diagram REA Perancang database untuk siklus pendapatan PERUSAHAAN setelah adanya penambahan informasi mengenai kardinalitas hubungan. Langkah berikuhnya adalah mengimplementasikan model ini dalam database relasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>