Kardinalitas Minimun dalam REA

Gambar DD-6Gambar-5-0006-aa
GambarDD-6 menyajikan kardinalitas sebagai pasangan nomor di setiap entitas.

Nomor pertama adalah kardinalitas minimum. Ini menunjukkan apakah sebuah baris dalam tabel harus dihubungkan dengan paling tidak satu baris di dalam tabel yang letaknwa berseberangan dalam hubungan tersebut. Kardinalitas minimum nol (0) memiliki arti bahwa sebuah baris baru dapat ditambahkan di tabel tersebut tanpa harus dihubungkan dengan baris tertentu dalam tabel yang letaknya berseberangan dalam hubungan tersebut.

Contohnya, di dalam Gambar DD-6, kardinalitas minimum 0 yang terletak di dekat entitas pelanggan dalam hubungan pelanggan-penjualan, menunjukkan bahwa informasi tentang pelanggan baru (prospektif) dapat ditambahkan ke tabel pelanggan tanpa harus dihubungkan ke suatu transaksi penjualan.

minimumSebaliknya, kardinalitas minimum satu (1) memiliki arti bahwa setiap baris dalam suatu tabel harus dihubungkan ke paling tidak satu baris dalam tabel lainnya di hubungan tersebut. Contohnya, di dalam Gambar DD-6, kardinalitas minimum yang terletak di dekat entitas penjualan dalam hubungan pelanggan-penjualan, menunjukkan bahwa informasi mengenai transaksi penjualan baru dapat ditambahkan hanya apabila terhubung dengan sebuah baris dalam tabel pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>