Membangun Diagram REA untuk satu Siklus Transaksi.

Gambar DD-6Gambar-5-0006-aa

Gambar DD-6 memperlihatkan diagram REA yang dibuat untuk siklus pendapatan (revenue cycle). Pembahasan ini menjelaskan bagaimana membangun diagram semacam itu. Ingatlah selalu bahwa Gambar DD-6 hanya merupakan model dari salah satu rangkaian dari seluruh aktivitas bisnis perusahaan.

Perancang Database hanya perlu meningkatkan model dasar ini untuk mendesain SIA perusahaan secara keseluruhan. Akan tetapi, perancang database juga harus membangun model yang hampir sama untuk siklus transaksi lainnya, dan kemudian mengintegrasikan diagram-diagram terpisah tersebut ke dalam sebuah model pada tingkat perusahaan.

fourstepsMembangun diagram REA untuk siklus transaksi tertentu terdiri dari empat langkah berikut:

  1. Langkah-1: Identifikasi pasangan kegiatan pertukaran ekonomi yang mewakili hubungan dualitas dasar memberi-untuk-menerima, dalam siklus tersebut.
  2. Langkah-2: Identifikasi sumber daya yang dipengaruhi oleh setiap kegiatan pertukaran ekonomi dan para pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut.
  3. Langkah-3: Analisis setiap kegiatan pertukaran ekonomi untuk menetapkan apakah kegiatan tersebut harus dipecah menjadi suatu kombinasi dari satu atau lebih kegiatan komitmen dan kegiatan pertukaran ekonomi. Apabila perlu, ganti kegiatan pertukaran ekonomi aslinya dengan rangkaian kegiatan komitmen dan pertukaran ekonomi yang dihasilkan dari pemecahan kegiatan tadi.
  4. Langkah-4: Tetapkan kardinalitas (cardinalities) setiap hubungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>