Jenis-jenis Entitas dalam REA.

Model data REA(Resource Event Agent) mengklasifikasi entitas ke dalam tiga kategori, yaitu: sumber daya (resource) yang didapat dan dipergunakan organisasi, kegiatan (event) atau aktivitas bisnis yang dilakukan organisasi, dan pelaku (agent) yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Gambar DD-3 memberikan contoh mengenai ketiga entitas ini.

Gambar DD-3

Gambar-5-0003-aSumber daya (resource) adalah hal-hal yang memiliki nilai ekonomi bagi organisasi. Di dalam Gambar DD-3, kas dan persediaan adalah entitas sumber dayanya. Mesin dan perlengkapan, pasokan, gudang, pabrik, dan tanah adalah contoh-contoh sumber daya organisasional umum lainnya.

Kegiatan (event) adalah berbagai aktivitas bisnis yang informasinya ingin dikumpulkan perusahaan untuk tujuan perencanaan dan pengendalian. Terdapat dua entitas kegiatan dalam Gambar DD-3: penjualan dan tanda terima kas.

Pelaku (agent) adalah entitas jenis ketiga dalam model REA. Pelaku adalah orang-orang dan organisasi yang terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin didapatkan untuk tujuan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi.

Gambar DD-3 berisi dua jenis entitas pelaku, yaitu: pegawai (staf penjualan dan kasir) serta pelanggan. Pemasok (atau penyedia barang/vendor) adalah jenis-jenis pelaku lainnya yang akan muncul dalam diagram REA untuk siklus pengeluaran (expenditure).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>