REA dan Kegiatan Pertukaran Ekonomi.

Gambar DD-3Gambar-5-0003-a

Gambar DD-4 juga memperlihatkan bahwa setiap kegiatan pertukaran ekonomi (economic exchange) dihubungkan dalam hubungan dualitas memberi-untuk-menerima (give-to-get) dengan kegiatan pertukaran ekonomi lainnya.

Gambar DD-4

Gambar-5-0004-aaHubungan-hubungan dualitas ekonomi ini mencerminkan prinsip dasar bisnis, yaitu organisasi umumnya terlibat dalam aktivitas yang mempergunakan sumber daya hanya jika ada harapan untuk memperoleh sumber daya lain sebagai gantinya. Contohnya, dalam kegiatan penjualan, yang membutuhkan penyerahan (penurunan) persediaan, dihubungkan dengan kegiatan penerimaan kas, yang membutuhkan pendapatan (peningkatan) jumlah kas.

Gambar DD-5

Gambar-5-0005-aaBahkan, Gambar DD-5 memperlihatkan bahwa setiap siklus akuntansi dapat dideskripisikan berdasarkan hubungan dualitas memberi-dan-menerima semacam ini.

Gambar DD-3 hingga DD-5 memperlihatkan bahwa model data REA dapat ditunjukkan dengan menggunakan diagram E-R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>