Pembuatan Model Data dan Desain Database

Seperti kebanyakan perusahaan pada umumnya, sebuah perusahaan harus berubah ke pendekatan database untuk menyimpan data akuntansinya. Di dalam pembahasan ini, Akan diperlihatkan bagaimana cara mendesain dan mendokumentasikan database relasional untuk suatu sistem informasi akuntansi. Akan diperlihatkan bahwa masih ada banyak hal untuk dipelajari selain hanya mempelajari sintaksis tentang bagaimana menggunakan suatu DBMS tertentu. Membangun database yang akurat membutuhkan banyak perencanaan yang hati-hati dan desain, bahkan sebelum perancang data base duduk di depan komputer.

data-model-er1Pembahasan berikut ini memusatkan perhatian pada pembuatan model data, yang merupakan salah satu aspek desain database yang harus dipahami para akuntan. Pembahasan ini akan memperkenalkan model akuntansi REA(Resourse Event Agent) dan diagram E-R, serta menunjukkan bagaimana mempergunakan alat-alat ini untuk membangun sebuah model data SIA.

Kemudian, Pembahasan berikutnya akan mendeskripsikan bagaimana mengimplementasikan hasil model data dalam database relasional. Ingatlah selalu bahwa walaupun diskusi memusatkan perhatian pada database relasional, prinsip-prinsipnya tetap dapat diterapkan pada jenis database apa pun.

datamodel-urlPembahasan menyeluruh tentang Pembuatan Model Data dan Desain Database meliputi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>