Djempol Pandan Wangi kembali beraksi di Tabgha Pemancingan.

Karena belum menemukan racikan yang pas untuk umpan praktis dan ekonomis ala “Kong Marga” maka hari minggu tgl 14 Feb 16, kembali mendatangi Tabgha Pemancingan, dengan berbekal racikan sbb:

SAMSUNG1/2 bks Djempol Pandan Wangi
1/2 bks susu dancow putih
1 bks cuwe tongkol(berisi 4 potong ikan cuwe)
1 btr telor asin
1 ons kroto

Cara meraciknya:
Siapkan kukusan isi air dan panaskan dikompor tunggu hingga air mendidih, kemudian rebus 4 potong cuwe tongkol, angkat setelah 5 menit, masukkan Djempol Pandan Wangi dengan dancow kedalam baskom umpan aduk-aduk campuran Djempol Pandan Wangi dengan dancow hingga menyatu ambil air bekas rebusan tongkol tadi sebanyak 60cc tuangkan kedalam campuran Djempol Pandan Wangi dan dancow, aduk hingga kalis adonan umpan harus agak lembek, jika dirasa kurang lembek tambahkan air rebusan cuwe tadi(usahakan adonan seperti bubur tingkat kelembekannya)…..Nah…disini kuncinya agar setelah jadi umpan tidak terlalu keras/kenyal).

Angkat adonan tadi dan tempatkan dipiring, kemudian masukkan 4 ptg cuwe tongkol yang sudah dibuang bagian coklat/hitamnya, aduk hingga benar-benar hancur ……hancurkan ..hancurkan ….hancurkan…!!!!
Setelah benar2 hancur daging cuwe tongkol masukkan adonan Djempol Pandan Wangi lalu aduk hingga tercampur sempurna Kemudian parut telor asin(gunakan seluruhnya baik putih maupun kuningnya) Aduk hingga tercampur, setelah kalis masukkan kedalam plastik tahan panas dan kukus selama 20 menit(balik kedua sisinya 10 menit sekali agar umpan matang sempurna).

Cuci kroto dengan air kran, kemudian rendam dengan air kukusan(bekas merebus cuwe tongkol dan diamkan selama 5 menit, kemudian tiriskan.

Umpan siap tempur……………!!!!!!!!!!

Jalan cerita hingga dapat menggunduli peserta lainnya di Tabgha Pemancingan:

Berbekal informasi yang disajikan Tabgha Pemancingan bahwa hari minggu ada paket dengan tiket 200rb + C dan dimulai jam 10:00, saya meluncur kesana dan tiba tepat jam 09:00……….eiiiitttt suepiiiiii……..waduh ..jangan2 empang ini tutup karena merayakan hari kasih sayang ……..

Tabgha-pemancinganTanpa ragu langsung angkat telpeon dan menghubungi sang Owner Tabgha Pemancingan, Om Daniel Tan, ehhhh beliau bilang “Jadwal itu akan berlaku minggu depan Kong, hari ini main jam 11:00 dan paket akan berlangsung jam 14:00″…..weleh….weleh…..sudah terlanjur tiba di TKP nih…..okelah saya tunggu.

Saya titip arsenal pada panitia dan saya memilih untuk melihat kegiatan pemancing diseputar setu Cipondoh sambil mencari makan siang.

Tepat pukul 13:00 saya kembali ke Tabgha Pemancingan dan bertemu dengan Om Daniel Tan, sambil menunggu undian lapak kami terlibat dalam obrolan seputar komposisi hadiah, tak terasa panitia mengumumkan undian lapak segera dimulai…..Kong Marga……………lapak 31……..!!!!!!!!!!!
Wah……..dua lapak dari pojok nih………..mulai berfikir mengatur strategi cari Induk…ahhhh……..!!!!

Priiiiittttt…..lomba dimulai……seperti biasa ada ritual lempar-tarik sebanyak 5x kemudian tunggu…..wuiiidiiihhh ngetrik cuuuyyy…beuuutt…gentak dan kosong…..wahhh…..lempar lagi kali ini saya tunggu hingga ngetrik hueeebbbaatt….baru beuuuttt…….gentak …..deebbbbb…….wuiiihhhh bueraattt…..bray……….waduh babon nih……..sambil mengendalikan ikan saya berteriak memanggil kedi ………. cundit…..cundit….cundit..(cundit itu bahasa daerah setempat untuk serokan ikan)…ehhhh ternyata sang kedi memang sudah stand-by disisi kanan saya(memang tanggap nih kedi2 di Tabgha Pemancingan)tidak membutuhkan waktu terlalu lama sang induk pun naik podium dengan posisi ikan induk pertama…dan tentunya terberat……

ikan-masDengan tingkat keyakinan yg tinggi lanjutken lagi mancingnya…..setelah beberapa kali gentak dan kosong…akhirnya….beuuuttt….gentak….. joran melengkung tetapi seketika itu pula joran kembali lurus dan ……cel…….mocel…..wah koq mocel…yaaa……saya periksa kenur…ternyata putuuuusss……wah….koq bisa ya …….saya amati kenur yang putus itu….dan saya lihat ada bekas hitam pada putusannya……wah terkena abu rokok…nih(nah untuk pemancing hati2lah ketika menjentikkan abu rokok usahakan jangan terkena kenur….ini akibatnya), hilanglah sepasang mata kail Gamakatsuku…….!!!!

Beberapa pemancing lainnya menimbang ikan induk juga…tetapi tidak satupun yg mampu melewati berat ikanku…hingga pada akhir lomba panitia mengumumkan :

JUARA LOMBA KALI INI ADALAH…..KONG MARGA…!!!!

Juara-di-Tabgha-Feb-2016Nah sudah 3 x (TIGA KALI) saya buktikan racikan Djempol Pandan Wangi + cuwe tongkol dengan tingkat keberhasilan yg fantastis……sekarang giliran anda untuk mencobanya….semoga kesuksesan yg saya rasakan dapat anda rasakan juga.

Umpan Ikan Mas Praktis dan Ekonomis

Grand Opening Tabgha Pemancingan 07 Feb 2016
Grand-Opening-Tabgha-Feb-2016Khawatir tidak dapat lapak hari rabu tgl 03 Feb 16 BBM Kang Ito, minta dicatat sebagai salah satu peserta dan beliau jawab, ok dicatat.

tk-sayurMinggu pagi 07 Feb 16, jam 06:00 cegat super market dorong……”mbak cuwe tongkolnya ada nggak”, si empunya super market dorong menjawab “Ada…mau berapa plastik”, saya jawab “satu saja mbak”, kemudian sang empunya super market dorong menyorongkan plastik berisi 5(lima) potong cuwe tongkol…..seraya berkata “lima ribu…”, tanpa banyak cakap saya serahkan uang lima ribu sambil berkata “kembaliannya ambil…saja…”, siMbak super market dorong tertegun…seraya..binun……..he…he…he….asyik…..pagi2 udah bisa ngerjain orang…..wah harapan nih bisa ngerjain ikan.

Sambil menjinjing seplastik cuwe tongkol saya kegudang, ambil Djempol Pandan Wangi satu bungkus, Dancow putih satu bungkus dan sebutir telor asin yg memang sudah saya beli pada hari jumat,

Cuwe-TongkolMasuk dapur, nyalakan kompor taruh panci kukus diatasnya, tak lama kemudian air mendidih, saya masukkan 5 potong cuwe tongkol kedalam panci kukus yg airnya telah mendidih itu……lalu saya biarkan selama 3 menit……(ingat…3 menit….soalnya kalau lebih dari 3 menit nanti bisa jadi……Jamrud………..binun…khan………coba deh baca ini………30 menit kita disini tanpa suara dan aku resah harus menunggu lama ..kata darimu……..Jamrud…..khaaaan……????)

Angkat cuwe tongkol taruh dipiring…..kemudian ambil 1/2 bungkus Djempol Pandan Wangi…tuangkan kedalam baskom umpan…….trus ambil 1/2 bungkus dancow putih….juga taruh didalam baskom umpan, setelah itu mulai berdendang…….mengayun-ayunkan baskom umpan(seperti nenek-nenek jaman dulu disaat mereka menampi beras) berisi Djempol Pandan Wangi dan Dancow putih……agar keduanya bercampur sempurna.

Andra_-_Season_2Setelah merasa yakin Djempol Pandan Wangi dan Dancow putih tercampur sempurna…….saya ambil air didalam kukusan(bekas merendam cuwe tongkol) kira2 40cc lalu saya masukkan kedalam baskom berisi campuran Djempol Pandan Wangi dan dancow putih……hughhh…..saya aduk hingga kalis, lalu saya singkirkan dan tempatkan dipiring disamping cuwe tongkol tadi dan sekarang gantian….cuwe tongkol yg dapat giliran saya iles-iles hingga hancur…….setelah benar2 hancur…..saya masukkan Umpan Djempol yg sudah kalis tadi…….kembali saya ayunkan centong untuk membuat keduanya tercampur……Andra and The BackBone…….kagak ngarti ye….mangkenye sering2 dengerin ardio……pan jiye ngomong begini ” Kau adalah darahku, Kau adalah jantungku, Kau adalah hidupku, Lengkapi diriku, Oh sayangku, kau begitu, Sempurna… Sempurna”.

Telor-asinKemudian saya ambil telor asin(jangan lupa kupas kulitnya) dan parutan keju,,,trus…. gosok… gosok deh telor asin(semuenye ye nyang putih ame nyang kuningnye) diatasnya………kemudian aduk lagi hingga kaliiiiisssss……… lalu ambil plastik tahan panas masukkan adonan tadi…ikat pakai karet(supaya mudah membukanya saat diempang)….. kukus selama 20 menit(10 menit untuk setiap sisinya…artinye…pas ngukus entu empan kudu dibolak-balik)….. Nah Umpan sudah siap.

Jam 07:20 berangkat ke Tabgha Pemancingan dan ternyata masih sepi….waduh kepagian..nih…nggak apa-apa deh.

Jam 08:40 Kang Ito, mengumumkan adanya penundaan saat start lomba karena ada beberapa peserta yg masih tersasar….lomba akan dimulai pukul 09:30 dan waktu berakhirnya juga diperpanjang 30 menit, sehingga akan berakhir pukl 16:30.

Tepat pukul 09:25 undian dilaksanakan dilakukan oleh panitia dan disaksikan oleh seluruh pemancing, karena saya datang paling awal maka nomor urut saya pertama dan mendapat kesempatan pertama diundi nomor lapaknya…….kocrek….kocrek…bunyi tempat nomor lapak dikocok dan kluar… saya dapat lapak 43…..wah lumayan nih…… saya pun menyiapkan diri menuju lapak dimaksud.

Priiiiitttt……lomba dimulai dan saya mengayunkan umpan setengah lapak(kira2 3,5 mtr dari tempat duduk), tunggu 2 menit…. sementara kiri-kanan sudah langsung strike……. waduuhhhh….. ada apa gerangan….koq umpan saya tidak dimakan….. dan saya tetap melakukan kebiasaan saya yaitu lempar tarik dan lempar tarik….. saya lakukan hal ini 5x ber-turut2……. berhasil…berhasil….hore…kata Dora The Explorer……dan benar saja begitu saya gentak terjadi perlawanan sengit……sehingga saya terpaksa mengerahkan enam bagian dari tenaga dalam saya…baru ikan itu berhasil didaratkan….. dan ditimbang….. lumayan 4,350kg…. saya lanjutkan lagi dan kembali saat saya sentak reel Ryobi Artica 3000 saya menjerit… tetapi kali ini saya hanya mengerahkan 3 bagian dari tenaga dalam saya dan ikan berhasil didaratkan masuk timbangan….waduh cuma 3,300kg….lalu hening……hening….hening…hening… sementara tetangga kanan kiri sudah berkali-kali menaikkan ikan….. dan saya tetap dengan keheningan….tetapi seperti biasanya saya tidak goyah…. saya tetap melakukan lempar-tarik…..lempar-tarik kembali……dan pada saat saya melakukan tarik(dengan maksud membuang umpan)eeehhhh…..koq berat dan reel kembali menjerit….. waduh kegaet nih pikir saya……yaaahhhh…. apa boleh buat saya pinggirkan juga ikan itu ternyata kemek…cuuyyyy…..doi….kemek…..bukan nyangkut…….welehhhh…nimbang lagi….. 3,150kg…..waduh nominasi induk terbanyak nih…….

mancing-Grand-Opening-TabghaJam 11:00, Ikan mulai makan….tetapi…setelah ngetrik dan saya gentak….zonkk…begitu terus…….saya ambil keputusan untuk mengganti mata kail dari ukuran nomon 4 menjadi nomor 5(bukan nyombong nih Gamakatsu…braayyy), benar saja upaya itu menunjukkan hasil dan saya mulai mengumpulkan ikan satu per satu…hingga satu saat ikan makannya halus sekali saya gentak…. kena….tetapi…hanya dipinggir bibir ikan…waduh gawat nih…tetapi dasar belum bisa mengatasi rasa gengsi…saya tidak memanggil kedi untuk menyerok ikan itu dan saya paksakan mengangkatnya…..benar saja ditengah perjalanan ikannya melepaskan diri …. byuuurrrr…. masuk lagi kedalam empang…. nyesel……. nyesel deh……

Sampai lomba berakhir dan dihitung hasil perolehan…saya hanya memperoleh 15 ekor saja dan induk 3 ekor, sementara juara prestasinya dari lapak 40,16 ekor…. 16 ekor… broo……. nyesek…. nyesek dah….. dan juara induk terbanyak dari lapak 62, dengan perolehan 4 ekor ikan induk….. yahhh….. apa boleh buat dan saya tetap tersenyum……benar…benar tersenyum…… saya pikir namanya juga mancing banyak faktor yg ikut menentukan…….

Ada hadiah dari para Sponsor, yaitu Umpan Djempol dan Toko Aneka Raya, dari Umpan Djempol berupa Tas 2 buah….karena kriteria untuk memperoleh hadiah itu tidak tercapai, panitia memutuskan melakukan pengundian untuk membagikannya…..pertama diundi 2 buah tas……yaahhh…nomor lapak saya tidak keluar…tetapi kembali saya tersenyum… karena saya yakin rejeki itu tidak dapat dipaksakan………

??????????Pengundian berikutnya hadiah dari Aneka Raya berupa 3(tiga) buah Reel Relix….pertama……entah saya lupa jatuh dilapak berapa……dan kedua…. panitia berteriak melalui pengeras suara….lapak 43….lapak 43…. wahhh itu lapak saya dan benar….braaayyy….saya dapat…..saya dapat……
Terima kasih Om Daniel(Tabgha Pemancingan) Kang Ito(Umpan Djempol) dan Aneka Raya.

Oh iya tadi saya sempat shooting lhooo…….untuk testimoni sejak kapan saya pakai Umpan Djempol….. mau tahu..nggak…broo…..saya pakai Umpan Djempol sejak tahun 2010 hingga sekarang saya tidak pernah tergiur menggunakan umpan lainnya.

Pada saat mancing tadi sang Maestro Umpan Djempol sempat minta umpan saya dan beliau coba,,,,benar saja asal lempar pasti dimakan…tetapi sering tidak kena….menurut beliau umpan saya terlalu keras…saya pikir benar juga karena umpan itu saya kukus…..pada saat sebelum dikukus umpan itu teksturnya agak gembur….tetapi setelah dikukus…ternyata terlalu kenyal….jika ada yg mau ber-eksplorasi silahkan dan jika mungkin tolong share ya (bagaimana caranya agar tekstur umpannya tidak terlalu kenyal, sehingga jika ikan makan akan langsung……. kena dehhh.).

Umpan Djempol + Telur Puyuh.

ari sabtu 20 agustus 2011, ade BukBer & Sahur Bareng DI TL, tapi aye ade tahlilan 40 ari wafatnye mertue, jadi kagak bise dateng sesi atu, nah pagi-pagi nganggur, daripade bengong mending ke empang P&K aje deh, en ni jalan ceritenye:

Abis sahur, nunggu subuh buka milis…sepi…….sepi…..!!!!! abis subuh ngeracik empan dah:

Jempol-7adonannye kayak gini nih :
1/2 bungkus Umpan Wangi + Biang Susu Jempol
1/2 bungkus Umpan Amis + Crystal Jempol
30 butir telor puyuh
3 sendok makan kacang mede
3 cm keju kraft (keju kraft potong jadi 6 bagian)
kocok lepas pake kocokan telor jadul
kalu ude nyampur siapin loyang masupin 3 lembar daon pandan
tuang deh ntu adonan kedalem loyang terus kukus 30 menit.
sembari nunggu empan mateng pegi beli kroto 2 ons ame deho 1 kaleng.
kroto dikukus, deho ame minyaknye diblender ampe kayak eek bayi.
kalu adonan ude mateng matiin kompor, buka kukusan bakal ngedinginin empan ame kroto(tujuannye biar endapan aer nguap).
tarok blenderan deho dalam baskom, masupin empan aduk sampe rate.terus masupin kroto kukus aduk lagi, pan jadinye rade lembek.
nah sise empan jempol nyang amis pake deh bakal ngerasin mpan.
kalu pengen mpan rade perak(gampang buyar kalo kena aer) pas ngaduknye jangan kelewatan diteken tapi diteken ale kadarnye aje.
kalu pengen mpannye pulen(rade lengket) ye ngaduknye teken pake tenage. nah mpan ude siap.

kul 8:00 meluncur ke parung serab(empang P&K) nyampe lokasi cume ade atu pemancing, set dah bijimane nih…..tapi H Mancuk(pemilik empang) ngomong berape orang aje jadi, kagak use khawatir, kul 9:00 mulain nyang pade dateng walhasil ade 8 orang, diundi deh, aye dapet lapak 28, wah ngalamat panen nih…..!!!!!

Bener aje aye bise naekin ….kagak tanggung-tanggung….54(lime puluh empat ekor) ikan rame/sekilo tige ame sekilo due ples atu super banci 1,58 Kg, kagak juare sih abis ketiban ame nyang 1,64Kg(juarenye tunggal doang), tapi en ni ati puas banget dari mulain setat ampe kul 4:00 sore gentak teruuuuussssss……!!!!!!

Ohhh…iye…….aye ude bekali-kali make kumpusisi empan kayak diatas dan hasilnye kagak ngecewain…..aye sengaje share en ni empan biar sudare-sudare aye semue bise ngebuktiin.

Kagak lupe aye ngucapin mekasi ame Yang Mahe Kuase. Terus aye juge mekasi banyak ame Kang Ito selaku penggagas dan produsen empan DJEMPOL…..Kang…..pertahankan komposisi empannye…..selaen jadi produsen….Kang Ito juge ikut berjase ame sudare-sudare kite nyang make dan ude behasil ngebuktiin saktinye entu empan….(asal bener ngadonnye).

Djempol Pandan Wangi menguras ikan mas di empang PDK

Hari/tanggal : Sabtu, 17 Desember 2011
Nama anglers : Saya sendiri disusul oleh Kang Ito
Arsenal : Shimano Symetre-1000+ Everwinner Golden-Fish 5′
Rangkaian pancing : 3 mata kail.
Nama kolam : pemancingan PDK V
Alamat : Kompleks PDK Parung Serab Ciledug
Jumlah lapak : 30
Ukuran kolam : P: +/- 26 meter L:+/- 14 mtr
Lebar Lapak : 1,8 mtr
Kondisi air kolam : Hijau
Jenis ikan : nyimas
Tiket : 150k (2 joran)
Jumlah peserta : 7(tujuh) orang.
Perolehan : 26 ekor nyimas dengan berat diatas 5 ons dan 1 ekor nila 4 jari.

IMG_4245Jalan cerita:
Berdasarkan sebuah pemikiran tentang komposisi umpan yang praktis dan memiliki ukuran yang akurat, akhirnya mencoba meramu umpan sbb:
1 bungkus Umpan Djempol Pandan Wangi
1 kaleng susu beruang putih 189ml
2 ons kroto
2 kaleng Deho
bubuk indomie(sebagai pengeras).

Jam 08:25 sampai dilokasi, wah baru ada satu orang pemancing, karena umpan dan arsenal sudah siap, maka sampai diempang tinggal chit-chat sambil menunggu kedatangan pemancing yang lain, ditengah canda ria, tiba2 telpon berdering..ternyata dari Sang Empunya Djempol(Kang Ito) beliau komplain “Koq sms saya tidak dijawab, sedang ada dimana nih”, saya jawab “ada di PDK, maaf saya tidak memeriksa sms yg masuk”,
lalu beliau melanjutkan “saya siang ini ada kegiatan sehingga tidak bisa mancing seharian, bagaimana jika saya ikut meramaikan suasana dan ikut memegang satu joran”,
dengan antusias saya jawab “woookeeehhhh….saya tunggu di TKP”.

Sampai pukul 09:00 baru berkumpul 4 orang pemancing, “wah alamat sepi nih”, akhirnya saya sampaikan pada panitia empang(sdr Ibob) “tunggu saja dulu hingga pukul 09:30, siapa tahu ada tambahan pemancing”, dan benar saja 15 menit kemudian berdatangan 3 orang pemancing lagi, sehingga jumlah seluruhnya ada 7 orang pemancing karena waktu sudah menunjukkan pukul 09:30, panitia melakukan pengundian lapak dan saya memperoleh lapak 25 dan diperbolehkan menggunakan lapak 26(satu pemancing boleh menggunakan 2 lapak), saya segera menduduki lapak 25 sambil menunggu aba2 start dari panitia.

Priiiitttt…tanda start diberikan dan saya segera melempar joran pertama pada posisi setengah di lapak 25 dan menempatkan joran kedua di posisi bawah blower pada lapak 26, belum selesai merapikan benang lemparan kedua, pelampung pada lapak 25 ngetrik hebat, saya gentak….deebbbb….wuiiihhh lumayan ada perlawanan, ikan 8 ons masuk korang dan basahlah ia, baru saja selesai memasukkan ikan pemlampung dilapak 26 ikut2an ngetrik….beuuut…sentak…dan kembali ikan 6 ons masuk korang…wah alamat neter nih, dan Kang Ito belum juga muncul, ya sudah sebagai single-fighhter sejati saya ladeni permainan ikan, berturut-turut beberapa ekor ikan berhasil saya kandangkan.

10:15 Kang Ito rawuh, dan saya berikan joran pada lapak 26, dia bertanya “sudah dapat berapa ekor”, saya jawab “lumayanlah…saya tidak sempat menghitung”, baru saja saya selesai bicara, Kang Ito menunjuk pelampung saya, seraya berkata “dimakan tuh….!!!”,
saya jawab “sabar…..” dan saya biarkan saja pelampung ngetrik dengan maksud untuk melihat pola makannya ikan, benar saja pelampung langsung tenggelam…dan beuuuttt…kembali satu ekor masuk korang, Kang Ito berkata “sombong amat ikan makan tapi didiamkan saja, nanti boncos lho”, saya hanya tersenyum dan menunjuk kearah pelampung(yg sedang ngetrik hebat) dilapak 26 “kalau yg seperti itu digentak nggak.?”, beliau berkata “anjriiittt…..makannya rakus benar yaa…” sambil mengandangkan ikan pertamanya, dan kejadian ini ber-ulang2, hingga Kang Ito berkata “pertahankan komposisi umpan ini…saya harus pergi tetapi saya menunggu dapat satu ekor lagi..ok”,
saya menjawab “silahkan jika mampu”, benar saja belum lama waktu berlalu kembali pelampung saya ngetrik hebat dan saya sentak….hilll…..nihilll….!!!, Kang Ito tertawa ter-bahak2 dan ditengah tawanya dia menggentak joran dan sama nihiiillll, gantian saya yg tertawa, karena ikan makan terus Kang Ito baru dapat meninggalkan empang pukul 13:00 dari jadwal semula pukul 11:30, dan saya teruskan memancing sendirian.

Sore hari pukul 15:40 Kang Ito menelepon ” Ikan masih makan tidak”, saya jawab “masih meski tidak sesering tadi”, “saya sempatkan datang nanti sore ya” ujar Kang Ito, saya jawab “penasaran nih yeee….!!!”.

IMG01328-20111217-1659Benar saja pukul 16 55 Kang Ito tiba dilokasi dan melanjutkan memancing dilapak 26 dan saya kembali konsentrasi di lapak 25 (empang PDK biasanya pada jam 17:00 ikan sudah sangat berkurang makannya), tetapi pelampung saya ngetrik dan Kang Ito bilang “dimakan tuh..”, saya tunggu sebentar dan beuutt…ternyata ada 2 ekor ikan yg makan(ini prestasi tersendiri pada sore hari).

Kesimpulan: ternyata umpan praktis dan ekonomis bisa berhasil juga menguras empang.

Demikian laporan ini saya buat dengan sesungguhnya dan dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani serta tidak ada paksaan dari pihak manapun, segala kekeliruan yang ada akan diperbaiki sebagaimana mestinya dengan cara yang seksama dan dalam tempo yang se-singkat2nya….lol.

Tarikan Ikan Monster pertama kali Di Godong Ijo Cinangka

Hari/Tanggal : Kamis / 08 Desember 2011
Nama Angler : Aye sendokir
Rood : Tackledojo
Reel : Shimano Sienna 4000FB
Line : PE-4
Nama Kolam : Godong Ijo
Alamat : Cinangka – Depok
Jenis Kolam : Kiloan, Tarikan, Jackpot
Jenis ikan : Banyak
Perolehan : 1 ekor Jenghis Khan dengan berat kira2 28 kg

Jam 13:35 ari kemis, lagi upleg2nye ngelap papan tulis…ade japri masup…. dari dedengkot Empan DJEMPOL nyang ude terkenal Maknyuusss entu.
“jadi mikut kagak jam 14:00 brangkat ke Godong Ijo”
aye langsung bales “siap…..tungguin ye”
dibales lagi “brape lame, naek ape”
aye jawab “palingan 30 menit, naek kude besi”
dibales “oke deh ditunggu…awas telat…!!!”

buru2 aye slesein ngelap papan tulisnye..sembari mesen ame bocah2….kerjain nyang en ni ye…minggu depan kite liat lagi asilnye, abis entu pade bubaran gi dah….!!!
langsung masupin jari2 kemesin absen….pake jaket pasang sarung tangan ame slesepin pale ke helm…..seeerrrr….tancep ke Bintaro.

Nyampe Bintaro jam 14:20, ude ditungguin….tapi masing dikasi minum juge sih…nih buat ngilangin aus….mayan…..trus brangkat duduk manis disebele kiri, ditenge jalan Kang Ito brenti beli anak nyimas, “en ni anak nyimas nyang rade gedean brokap…???”
dijawab ame nyang jage toko “‘kal apaan Om…”, aye nyeletuk “kal mancing”, “waduh jangan nyang en ni, en ni pan ikan hias, nyang en ni aje” sembari ngunjukin anak nyimas nyang kecit2, Kang Ito bilang “kagak nyang entu aje nyang gede2, atunye brape..?”, “due setenge” kate nyang jage toko, “ya udah deh beli enem biji, nih lime belas rebu”, aye nyeletuk “lime belas rebu lapan biji ye…”, “wah kagak dapet Pak” nyaut nyang jage toko sembari nyerokin anak nyimas…trus dikasi oxy, aye nanye lagi “brape biji tuh “, jiye ngejawab “tujuh, aye bonusin atu”.

Nyampe lokasi ‘kul 15:30, ude ditungguin ame Pak Harry en reporter majalah mancing di gubuk pertame deket pintu masup, digubuk kedue ade Om Heru(member FF nyang kelamaan ngumpulin dokat di borneo) nyang lagi ngejajal en surpey GI ‘kal acare kantornye, salam2an….Pak Harry langsung nyeletuk “ngape tlat…cobe dateng sepulu menit lebi cepet…bakal ngerasain ikan 28kg, nih fotonye, sembari ngasongin kamera…set dah bikin jadi tambe ngiler…buru2 dah ngeset Tackledojo nya Kang Ito, Pak Harry langsung in-action lempar-tarik/casting….due kali lempar ade samberan….gubraakkk…ceelll….mocel….beturut-turut tige kali samberan tige kali mis-call, aye ngomong Pak Harry mending koncer aje deh, jiye manggut2 sembari lempar empan berikutnye..aye juge mikut ngelempar trus tegerin joran. Kang Ito sesuai ame misinye masang fish-finder trus naek getek ‘kal nyari joran2 nyang pade kecemplung.

Lagi upleg2nye ngobrol ame Pak Harry….tackledojo nukik tajem banget……..aye samber…trus cobe ngerahin tenage sembari ngebayangin bakal fight nih….yaaahhh…kagak ade perlawanan..kagak nyampe semenit Mpok Lela 6kg nyerah(over kill kali ye…tackledojo dipasangin Sienna 4000FB), rilis dah trus lempar lagi, ngelanjutin ngobrol ame ngudut.

Sejam kemudian Kang Ito balik sembari ngomong “kagak kedeteksi….semuenye rate”
trus biola kasting dah…lempar tarik…lempar tarik….nihil tuh….trus Kang Ito bilang ame aye “kalo pengen strike ke pojokan gi dah deket pintu aer” aye nurut sembari bawa arsenal kepojokan…..mulaen lempar-tarik…empat kali lempar-tarik…bheerrr..ade samberan…aye dongakin joran dikit…eiiit monscel…..ceeeell….balik lagi ke gubuk atu, abisan empan adenye disono..eeehhh ude ade Pak Chandra(Sang Pemilik Godong Ijo yang ramah banget en bersahabat/kagak bossy pdahal kokay nye aujubille), chit-chat bentaran trus Pak Chandra ngomong “ayo dong katenye pengen strike nyang gede, usahe ngape”.

Kang Ito ngambil inisiatip kasting lagi…..nihil…akhirnye joran diserahin ame Endra(pegawe Godong IJo), “Dra kasting gih ude ‘kul 6 kurang sprapat nih waktunye ikan kemek”. Kagak nyampe lime menit, lagi upleg2nye kite ngobrol Endra treak…straikkk…!!!!

IMG01320-20111215-1736aye buru2 nyamperin ambil alih entu joran……Endra ngasih arahan…jangan ampe kendor…jangan ampe kendor…..bujug dah…ril ngejeriiittt…….. Om Heru nyang ngedampingin aye….nanye…berat kagak Om…sembari konsen ke arah larinye PE aye ngejawab “wuuuiiiddiiihhhh….mangteebbbb….!!!”, Om Heru ngeluarin duit gobanan segepok “Om tuker ye ame en ni” sembari ngasongin tuh gepokan, aye kate “tambahin tige gepok lagi juge ogaahhh…” sembari aye pompa entu tackledojo..eiit rade nurut nih ikan….ade kire2 enem gulungan… ikan balik nyungsep lagi……riiittttt ril ngejerit lagi…. en ni kali ditarik terus nyampe keujung, aye masang kude2 “aji gelap ngamparnye Mahesa Djenar/telapak kaki kanan melintang ame telapak kaki kiri sejengkal didepannye ngebentukIMG01321-20111215-1737 sudut 90 derajat” aye empos semangat/tenage dalem aye kerahin kire2 enem bagian aje, sepuluh menit lewat….aye masing bekutet…..riillll kagak brenti2 ngejerit……lime menit lewat lagi….

aye tambahin tenage jadi 7 bagian…..aye ngomong ame Om Heru…en ni kali aye kagak kasih ampun dah….palingan jebol en ni ril atawe patah ni tackledojo…..minggir juge tuh iwak….set dah…gueeedeee bangeeeetttt…..!!!!

IMG01326-20111215-1739Kedi nyiapin serokan….. fight lagi dipinggiran…. aye kasih sodokan uler matok…..lime menit fight dipinggiran..masup juge entu ikan dalem serokan, trus narsis dah dipoto-poto in ame Pak Harry, Kang Ito, rilis dah entu ikan….
Puaaasssss….puaaaassssss…….. mekasi Kang Ito, Mekasi Pak Chandra…. ngimpi aye kesampean….